DAUN KANGKUNG DAN MAFAAT BAGI KESEHATAN



Kangkung merupakan tanaman tahunan yang banyak ditanam di daerah tropis maupun subtropis. Tanaman ini termsuk dalam famili Convolvulaceae atau kangkung-kangkungan yang di cirikan dengan batang bergetah dan berlubang di dalamnya. Jenis kangkung yang umum dibudidayakan terdiri dari dua macam yaitu kangkung air dan kangkung darat. Kangkung air dicirikan oleh bentuk daun yang panjang dengan ujung agak tumpul, berwarna hijau kelam. Bunganya berwarna putih dengan semburat ungu di bagian tengah. Kangkung darat memiliki bentuk daun panjang dengan ujung runcing, dan berwarna hijau keputih-putihan. Bunga kangkung darat berwarna putih.
Selain sebagai tanaman sayur yang popular secara farmakologis ternyata kangkung juga berkhasiat sebagai anti racun, anti radang dan dapat digunakan untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan. Beberapa khasiat dari tanaman ini antara lain :

1.      Mengurangi haid
Daun kangkung (kira-kira ½ kg) di cuci dan di tumbuk halus lalu tuangkan air setengah gelas. Kemudian di saring dan tuangkan 1 sendok makan madu. Minum satu kali sehari sekaligus.
2.      Mimisan
Seikat daun kangkung yang segar di cuci dan di tumbuk halus kemudian tambahkan sedikit gula dan di seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin di saring dan di munum 2 kali sehari.
3.      Sakit kepala
Seikat daun kangkung di rebus denga 2 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Kemudian air hasil rebusan tersebut di minum.
4.      Keracunan makanan.
Kangkung segar sebanyak 500 gr dan kacang hijau sebanyak 120 gr di haluskan dengan di beri air sedikit kemudian di saring. Hasil saringan di aduk bersama 1 sendok makan madu. Setengah dari ramuan di minum pagi dan setengahnya lagi di minum pada sore hari. Ulangi pengobatan paling sedikit selama 3 hari.
5.      Ambeien
Segenggam akar kangkung di cuci dan di rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin minum setengah gelas sebanyak 2 kali sehari.
6.      Insomnia
Daun kangkung dapat di konsumsi dalam bentuk tumis kangkung tanpa batang.
7.      Sakit gigi
Segenggam akar kangkung di tambahkan setengah sendok teh cuka kemudian di rebus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.
8.      Sakit kepala
Segenggam kangkung di tumbuk halus kemudian di beri garam dan air lalu di saring dan di aduk bersama 1 sendok makan madu. Satu ramuan di minum sekaligus sehari sekali.
9.      Melancarkan air seni
Segenggam akar kangkung di rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari
10.  Menghilangkan ketombe
Seikat duan kangkung di rendam semalaman hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu guanakan untuk keramas dengan rendaman air kangkung itu. Sebaiknya di lakukan setiap hari.
11.  Kapalan
Bagian kulit yang menebal di olesi dengan getah kangkung dan di lakukan setiap hari.
12.  Kulit gatal karena eksim
Daun kangkung segar di cuci lalu di rebus dengan air secukupnya sekitar 5 menit. Setelah hangat pakai untuk mencuci bagian yang sakit. Lakukan setiap hari.
13.  Bisul

Daun kangkung sebanyak 15-20 helai di tumbuk halus kemudia di kompreskan di bagian yang ada bisulnya. Pengompresan di lakukan 2 kali sehari. 

0 Response to "DAUN KANGKUNG DAN MAFAAT BAGI KESEHATAN"

Post a Comment