KEGUNAAN BUAH ASAM


Buah asam sering di manfaatkan untuk bumbu penyedap masakan. Ternyata, di samping kegunaanya sebagai bumbu masakan sebagian orang percaya buah asam dapat di manfaatkan untuk pengobatan tradisional. Meskipun belum di ketahui zat- zat yang terkandung di dalamnya, buah asam banyak di gunakan mengobati berbagai penyakit seperti flu dan batuk. 

Campuran air asam dengan gula merah telah terbukti memiliki khasiat menyembuhkan batuk yang masih taraf ringan. Di Jawa Barat, rujak asam (buah asam di campur gula merah dan di seduh air) mampu mengobati gejala batuk dan lemas badan. Tidak hanya buah asam yang dapat di gunakan untuk pengobatan. Jamu kunir asam telah di kenal masyarakat sebagai penyembuh gatal kulit akibat alergi dan obat untuk susah buang air besar atau sembelit. Jamu kunir asam merupakan ramuan yang terbuat dari daun asam yang masih muda di campur dengan kunyit. Menurut para ahli, adanya khasiat tersebut di sebabkan oleh kandungan asam tartrat dalam daun asam muda. Oleh karena itu selain dapat menyegarkan tubuh kunir asam juga mampu merangsang selaput lendir dinding organ tubuh seperti tenggorokan, perut dan usus. 


Manfaat lain buah asam adalah sebagai obat bisul dan jerawat serta sebagai pembersih darah kotor. Namun yang di gunakan di sini adalah asam lawak, yaitu asam yang sudah benar-benar masak. Fungsinya adalah sebagai pemacu denyut jantung untuk memperlancar peradaran darah sehingga kotoran yang dapat menganggu sirkulasi oksigen dengan karbondioksida dalam darah dapat di buang dengan baik. Berdasarkan penelitian para ahli, terdapat kasiat lain yang dapat di ambil dari buah asam untuk pengobatan, antara lain dapat di gunakan untuk mencegah dan mengobati sariawan, batuk kering dan gatal pada bekas luka. Selai itu, bisa juga untuk mengobati keputihan dan nyeri haid.

0 Response to "KEGUNAAN BUAH ASAM"

Post a Comment