MENGENAL TANAMAN JARAK PAGAR DAN MANFAATNYA


Jarak pagar (Jatroha Curcas) banyak terdapat di Indonesia, mengapa di namakan jarak pagar? Nama itu do ambil karena tanaman ini biasanya di tanam di Indonesia sebagai pagar pembatas tanah lading, pagar batas Desa, pagar kuburan, bahkan pengganti nisan. Tanaman ini juga bisa di gunakan sebagai  pagar karena daunnya tidak di sukai hewan ternak sehingga dapat melindungi tanaman yang ada di bagian dalam pagar.
Jarak pagar bisa di temui di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini terlihat dengan berbagai nama sebutan untuk jarak pagar di antaranya Jarak Kusta atau Jarak Budek (Sunda), Jarak Pager (jawa), kalekhe paghar (Madura) dll. Tanaman ini awalnya dikenal sebagai tanaman obat sesuai dengan nama latinnya  Jatroha Curcas dalam bahasa Yunani, Latros berarti Dokter, sedangkan trope berarti makanan atau nutrisi. Jadi Jatropha curcas berarti tanaman obat. Selain itu tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman penghasil minyak untuk lampu.
Semua bagian tanaman jarak pagar dapat di manfaatkan. Berikut pemanfaatan tanaman jarak pagar :
1.      Untuk obat tradisional
Bagian tanaman jarak pagar banyak di gunakan sebagai obat, misalnya sebagai pencuci perut dan daunnya di gunakan sebagai pembeku atau penstabil darah, dan juga bisa untuk mengobati malaria.
Daun, biji, dan kulit batang jarak pagar dapat di rebus, kemudian air kentalnya di gunakan untuk pengobatan rematik dari luar dan juga sebagai obat antiperadangan. Air rebusan ii bisa digunakan sebagai obat pneumonia dan oabt cacing. Getah jarak pagar digunakan untuk mengobati infeksi jamur dalam mulut, sariawan, bengkak akibat tersengat lebah, dan gangguan pencernaan anak.
2.      Untuk anti serangga dan anti moluska
Biji jarak pagar memiliki khasiat antimoluska untuk melawan inang cacing hati. Minyak jarak pagar dan minyak ekstraknya telah berhasil di gunakan untuk melawan keong mas dan keong vector dari schistosoma manusia. Minyak kasar jarak pagar dapar di formulasikan sehingga memiliki daya racun bagi serangga, terutama kumbang pemakan jagung. Selain itu formulanya minyak ini juga bisa digunakan untuk racun lalat rumah dan juga untuk hama penganggu kapas.
3.      Jarak pagar untuk pengganti bahan bakar diesel
Jarak pagar menjadi tanaman alternatif yang di ambil ekstrak minyaknya guna menggantikan bahan bakar motor diesel. Tanaman ini merupakan salah satu sumber bahan bakar yang baik.


0 Response to "MENGENAL TANAMAN JARAK PAGAR DAN MANFAATNYA"

Post a Comment