KHASIAT DARI BUAH BELIMBING WULUH BAGI KESEHATAN



Kita mengenal dua macam belimbing. Pertama belimbing yang manis rasanya, kedua belimbing yang asam rasanya dan inilah yang di sebut belimbing wuluh. Disamping digunakan sebagai bumbu masak, belimbing wuluh dapat juga digunakan sebagai obat-obatan, baik daun, batang, bunga maupun buahnya.
Adapaun berbagai macam penyakit yang dapat di sembuhkan oleh belimbing wuluh antara lain adalah :
1.      Batu pada anak
Ambil 1 genggam bunga belimbing wuluh, 5 butir buah adas. Cuci lalu campurkan menjadi satu. Tambahkan 1 sendok makan gula pasir dan 1 cangkir air matang lalu tim. Setelah dingin, saring dengan sepotong kain untuk di minum 2 kali sehari pada pagi dan malam hari ketika perut kosong.
2.      Tekanan darah tinggi
Cuci bersih 3 butir buah belimbing wuluh, lalu potong-potong menjadi beberapa bagian. Rebus dengan air mendidih sebanyak 3 gelas hingga tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan itu, lau minum sekaligus setelah sarapan. Untuk pencegahan, minum 3 hari sekali dengan jumlah yang sama.
3.      Pegal linu
Ambil daun belimbing wuluh yang muda sebanyak 1 genggam atau sekitar 25 helai, 10 butir biji cengkeh, dan 15 biji lada. Campurkan semua bahan tersebut menjadi satu lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan cuka secukupnya sehingga menjadi bubur. Lalu oleskan ke tempat yang sakit
4.      Rematik
Cuci bersih 1 ons daun belimbing wuluh, 10 butir biji cengkeh, 15 butir merica, lalu giling sampai halus. Tambahkan cuka secukupnya sehingga membentuk adonan lalu taburkan ke tempat yang sakit.
5.      Gigi Berlubang
Cuci 5 buah belimbing wuluh sampai bersih. Makanlah dengan sedikit garam. Kunyah pada bagian yang berlubang. Ulangi beberapa kali hingga gigi yng berlubang tadi tidak terasa sakit lagi.
6.      Cacar air
Ambil 5-8 buah belimbing wuluh yag sudah tua. Cucilah hingga bersih. Tumbuklah buah tersebut  campurkan dengan dengan ½ sendok garam. Oleskan pada bagian yang terkena cacar air. Dalam tempo beberapa kali pemakaian, cacari air akan pecah dan kering.
7.      Menurunkan kadar kolesterol.

Apabila anda mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, anda dapat melakukan penurunan berat badan dengan buah belimbing wuluh. Caranya, ambil beberapa buah yang sudah matang atau tua. Makanlah begitu saja atau campurlah dengan garam sesuia selera. Makan buah belimbing sekaligus 4-5 buah, 2 kali sehari niscaya badan yang tadinya gemuk akan menurun dengan cepat.


0 Response to "KHASIAT DARI BUAH BELIMBING WULUH BAGI KESEHATAN"

Post a Comment