MENGENAL MACAM-MACAM SAYURAN SERTA KHASIATNYA I


1.      ASPARAGUS (REBUNG)
Asparagus termasuk family Liliceae. Bagian batang tanaman inilah yang di manfaatkan sebagai sayur. Dikenal dua jenis asparagus, yaitu asparagus berwarna hijau dan asparagus berwarna putih. Asparagus hijau berasal dari batang asparagus yang berada di atas permukaan tanah. Sementara itu, asparagus yang berada di dalam tanah. Kedua jenis asparagus itu berasal dari varietas connoverse collosal, Martha Washington, geinjilim, dan accel.
Asparagus mengandung vitamin, mineral, serat, dan klorofil. Vitamin yang terkandung di dalam asparagus adalah vitamin A, vitamin C, serta vitamin B kompleks, seperti thiamin, riboflavin, dan niacin. Sementara itu, mineral yang ada di dalamnya adalah zat besi, kalium dan fosfor.
Manfaat utama asparagus adalah untuk mengobati gangguan ginjal, hipertensi, enemia, dan mencegah konstipasi atau sembelit. Selain itu, bermanfaat pula untuk mengobati kanker prostat, flek hitam pada kulit, sakit gigi, dan luka karena tersengat lebah.



2.      BAYAM MERAH
Bayam merah (Amaranthus tricolor L. atau Alternanthera amoena Voss) termasuk family Amaranthaceae. Ada 4 varietas bayam merah, yaitu cummy, green lake, spark, dan trayful. Cummy memiliki daun yang tepinya bergerigi dan berwarna hijau muda. Spark berdaun hijau, berserat sangat halus, dan memiliki rasa tidak pahit. Sementara itu, trayful berdaun agak sempit, sedikit bergerigi, dan berwarna hijau terang. Keempat varietas tersebut memiliki batang berwarna merah.
      Bayam merah kaya akan vitamin A, B1, B2, C, dan niacin. Selain itu mengandung banyak mineral, seperti zat besi, kalsium, mangan, dan fosfor. Tanaman ini muga mengandung serat, karotenoid, klorofil, saponin pada daun, alkaloid, flavonoid, dan polifenol pada batang.
      Manfaat utama bayam merah adalah memperlancar system pencernaan, menurunkan resiko terkena kanker, mengurangi kolesterol, dan anti diabetes.selain itu, bermanfaat pula untuk mengobati osteoporosis atau keropos tulang, penyakit kuning, alergi terhadap cat, sakit karena sengatan lipan, sakit karena sengatan lebah, sakit karena gigitan ulat bulu, dan anemia. Daun dan batang bayam merah juga dapat di gunakan untuk memelihara kesehatan kulit, menyembuhkan luka bakar, mempertahankan kebugaran tubuh, san mengobati sakit pada kepala karena pening.




0 Response to "MENGENAL MACAM-MACAM SAYURAN SERTA KHASIATNYA I"

Post a Comment