PENGOBATAN KENCING MANIS I


Kencing manis (Diabetes Militus) timbul karena tubuh tidak bisa menghasilkan hormon insulin yang cukup sehingga gula dalam darah tidak bisa di ubah menjagi glikogen yang bisa di simpan dalam otot atau jaringan hati. Akibatnya, kadar gula dalam darah meningkat dan ginjal tidak mampu menyerap gula ini kembali sehingga gula darah lolos melalui saringan dan keluar bersama air seni. Gejala yang umum di derita oleh penderita kencing manis, di antaranya cepat lelah selalau merasa haus dan lapar serta jika mengalami luka akan susah sekali sembuhnya. Berikut ini resep tradisional sebagai alternatif pengobatannya.
a.      Bungur
Bungur adalah tanaman berbentuk pohon yang tingginya bisa mencapai 5-25 meter, memiliki batang yang umumnya bengkok dan daunnya berbentuk bulat panjang dengan panjang 24 cm dan lebar 12 cm. bunganya berbentuk malay yang panjangnya mencapai 40 cm dan berwarna ungu. Sebenarnya seluruh bagian tanaman bungur bisa di gunakan untuk obat kencing manis tetapi yang terbaik ialah daunnya yang sudah tua.
Cara membuat ramuan :
Siapkan 30 gram daun bungur tua yang masih segar dari jenis bungur yang berbunga ungu, lalu di rebus dalam 150 ml air selama kurang lebih 1 jam. Kemudian air rebusannya di bagi 3 untuk di minum 3 kali seari masing-masing 50 ml. sebaiknya air rebusan di minum setengah atau 1 jam sebelum makan. Ini di lakukan tiap hari sampai penyakit kencing manis sembuh.


b.      Salam
Salam merupakan tanaman berupa pohon yang tingginya bisa mencapai 25 meter. Daunnya berbentuk lonjong, berbau sedap jika di remas sehingga banyak di gunakan bumbu penyedap masakan. Buahnya berbentuk bulat dan berwarna merah jika sudah tua. Selai berguna untuk penyedap makanan daun salam juga berkhasiat sebagia obat. Daun salam dapat di jadikan ramuan yang dapat di gunakan untuk menetralkan kadar gula dalam darah.
Cara membuat ramuan :

Daun salam sebanyak 75-100 gram di rebus dalam 3 gelas air hingga tinggal setengahnya. Kemudian air rembusannya di dinginkan dan di saring lalu di minum 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas. Hari berikutnya, daun salam yang sudah di rebus tersebut di tambah lagi dengan 3 gelas air lalu di rebus lagi hingga tinggal setengahnya. Air rebusannya di minum lagi dengan cara yang sama. Hari ketiga, daun salam di ganti dengan yang baru lalu di rebus lagi dan di minum kembali seperti cara tersebut di atas. Hal itu di lakukan terus menerus hingga kadar gula dalam darah kembali normal.


0 Response to "PENGOBATAN KENCING MANIS I"

Post a Comment