MENGOBATI PENYAKIT DENGAN SIRIH


Menurut para ahli, sirih berkhasiat untuk pembersih kewaniataan. Caranya, daun sirih sebanyak 5 lembar di rebus kemudian di dinginkan. Airnya di gunakan untuk membersihkan daerah kewanitaan yang di gunakan setiap hari. Khasiat lain dari daun sirih di antaranya sebagai obat batuk dan pelega perut. Seperti perut mual, eneg, kembung dan muntah. Dauh sirih juga berguna untuk mengatasi sariawan gigi, gigi goyah, sariawan mulut, sakit mata, hidung berdarah, bisul, radang tenggorokan dan bau mulut. Adapun cara pembuatan obat dari daun sirih di jelaskan sebagai berikut ini.


1.      Untuk obat batuk pelega perut dan radang tenggorokan.
Sediakan 5 lembar daun sirih segar yang sudah di bersihkan. Kelima daun sirih tersebut di rebus kemudian di minum 3 kali sehari selama minimal 5 hari.
2.      Untuk menyembuhkan sakit mata dan bisul.
Daun sirih di remas-remas seperti membuat cincau dengan meggunakan air matang yang harus steril dari kuman dan penyakit. Air daun sirih tersebut warnanya akan menjadi keruh oleh sirih. Kemudian saring dan endapkan air itu selama beberapa jam. Ambillah kapas lalu basahi dengn air tadi. Saat menjelang tidur kompreskan kapas tersebut pada kelopak mata atau bisul.
3.      Untuk hidung berdarah
Sediakan daun sirih 3-4 lembar, kemudian lumatkan daun itu hingga menjadi seperti serbuk kasar. Daun yang sudah lumat di masukkan ke dalam hidung yang berdarah. Isaplah dalam-dalam dan biarkan air sulingan beserta uap daun sirih masuk ke hidung untuk menghentikan darah keluar.


4.      Untuk mengeraskan gigi goyah atau gusi bengkak
Ambil getah sirih kemudian teteskan pada tempat yang hendak di obati


5.      Sariawan gigi dan penghilang bau mulut
Daun sirih di kunyah tanpa menggunakan bahan lain sampai lumat lalu di telan.
6.      Untuk menghilangkan gatal-galat setelah melahirkan.
Ambil segenggam sirih lalu iris-iris dan rebuslah dengan 1 liter air sampai mendidih. Kompreskan air rebusan itu ketika masih hangat pada bagian yang gatal. Lakukan pada pagi dan sore hari.


0 Response to "MENGOBATI PENYAKIT DENGAN SIRIH"

Post a Comment