MENGENAL MACAM-MACAM SAYURAN SERTA KHASIATNYA III


1.      BUNCIS
Buncis (Phaseolus vulgaris L.) termasuk family Leguminosae. Meskipun buncis banyak sekali jenisnya, tapi secara garis besar dapat di bedakan menjadi dua, yaitu buncis yang tumbuh merambat dan tidak merambat. Golongan buncis merambat sering di sebut dengan buncis, kacang lompeh (rompes), dan kacang kopak. Sementara itu, golongan buncis yang tidak emrambat sering di sebut dengan kacang jogo, kacang merah (rode boon), dan kacang cokelat (bruien broon).
Ada enam varietas buncis yang telah di budidayakan, yaitu varietas local Surakarta, Lokal Bandung (buncis babud), kopak, hawaian wonder, kasender, dan hawkesburry wonder. Semua varietas tersebut akan menghasilkan buncis yang kaya akan vitamin A, C, serta vitamin B kompleks, seperti tiamin, ribovlavin, dan niacin. Selain itu mengandung mineral, seperti besi, kalsium, kalium, fosfor, dan serat. Kandungan lain adalah senyawa gum, pectin, dan enzim protosae. Bijinya juga mengandung protein. Setiap 100 gram buah buncis mengandung sekitar 35 kalori. Kandunga tersebut bermanfaat untuk mengobati beberapa jenis penyakit, seperti kanker usus, hipertensi, sembelit, beri-beri, diabetes mellitus, menigkatkan kebugaran tubuh, menurunkan kadar kolesterol, dan mengatur fungsi pencernaan.
2.      CABAI MERAH
     Cabai merah (Capsicum annum L.) termasuk famili Solanaceae. Ada dua jenis cabai merah yang telah di budidayakan, yaitu cabai merah keriting dari cabai merah bear atau bulat. Cabai merah keriting terdiri dari varietas Jawa Barat, Sumatra Barat, Sematera Selatan, Riau, Lampung, Sumatera Utara, Bengkulu, Irian, dan Cirebon. Cabai merah besar titis dan titi super, semarang, paris, Jatilaba, hot beauty dan long chili. Buah cabai merah mengandung zat flavonoida, saponin, polifenol, kapsaisin, kapsantin, kaposubrin, zeasantin, kriptosantin, leutein, sitrin, serta vitamin A dan C. zat-zat ini dapat di manfaatkan unutk menyembuhkan reumatik, sariawan, menambah nafsu makan, ekspektoran, dan memperbaiki pencernaan.




0 Response to "MENGENAL MACAM-MACAM SAYURAN SERTA KHASIATNYA III"

Post a Comment